Optimasi SEO Konten - SEO Basics Series

Advertisement

Optimasi SEO Konten - SEO Basics Series

cahqeenee
Kamis, 08 September 2016

Optimasi SEO Konten - Ok yang kita bahas kali ini yaitu cara mengoptimalkan konten agar lebih seo friendly di mata search engine. Saya rasa banyak sudah yang membahas masalah seo content ini, namun saya hanya akan sharing cara mengoptimalkan seo content ini sesuai yang saya tau dan saya terapkan pada blog ini. Agar anda tidak "kecewa" dengan artikel ini, akan saya berikan screenshot hasil optimasi seo konten pada blog CahBorneo ini yang berbasic wordpress.

Pada saat tulisan ini diturunkan, jumlah postingan dalam blog ini hanya 255 (termasuk artikel ini). Yaah... statistik yang lumayanlah buat newbie :D
optimasi seo konten

Optimasi SEO konten

Ok.. kita lanjutkan ke topik utamanya, cara optimasi seo konten blog. Untuk bisa mendatangkan visitor yang alami dan optimal, seo sangat berperan dalam hal ini. Memang, diperlukan kesabaran bila ingin mendatangkan visitor alami.

Banyak cara untuk menghasilkan atau mendatangkan pengunjung; saya juga pernah menuliskan cara otomatis mendatangkan visitor blog tanpa seo. Hasilnya pun "mengagumkan".  Akan tetapi ya itu tadi, yang namanya otomatis (instan) hilangnya pun instan juga :) Jika anda ingin mencoba buat promosi blog, silahkan baca tutorialnya dibawah ini.

Cara Optimasi SEO Konten

Tujuan dari optimasi seo pada konten ini adalah agar konten yang kita tulis lebih seo friendly sehingga search engine akan lebih mudah menemukan dan menempatkan blog kita di halaman teratas dengan kata kunci pencaria yang kita bidik. Yang akan kita bahas dalam Optimasi seo konten ini yaitu: 
  1. Kata kunci / Keywords. Dalam halaman posting yang sedang anda tulis harus mengandung kata kunci (keyword) didalamnya. Jumlah kata kunci ini jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.  Jumlah keyword yang ideal antara 1% - 4% dari jumlah kata yang ada dalam artikel.
  2. Gambar (images). Dalam satu postingan, pastikan ada gambar yang dilampirkan (setidak-tidaknya satu gambar). Dan jangan lupa beri atribut alt tag pada gambar tersebut sesuai dengan kata kunci yang diinginkan.
  3. Word Count. Jumlah kata dalam satu postingan jangan kurang dari 300 kata. Anda dapat melihat dan mengetahui jumlah kata ini pada jumlah word count yang ditampilkan (biasanya berada di bawah area editing post)
  4. Description. Tambahkan deskripsi (gambaran umum) tentang artikel yang sedang anda tulis pada postingan anda. Deskripsi ini jangan terlalu panjang. Idealnya antara 120-156 karakter. Usahakan letak kata kunci pada deskripsi berada di awal kata.
  5. Tag Head. Tag head itu tag H1, H2, H3, H4, H5, H6 (yang lazim digunakan hanya H1 - H3 saja). Contoh penggunaan tag head seperti ini: Misalnya kata kuncinya "blog seo" maka dalam tag head tersebut harus ada dua kata "blog seo" tersebut. Seperti ini [wpsm_codebox style="2"]
    <h2>cara bikin blog seo friendly</h2>
    Dalam satu postingan setidaknya ada 1 tag didalamnya.
  6. Outbound dan Inbound Link. Tambahkan juga internal link (link yang menuju ke artikel anda yang lain) dan eksternal link (link yang menuju keselain artikel anda) pada tiap postingan anda.

Optimasi seo konten blog

Itulah yang saya lakukan hampir disetiap postingan saya sehingga dengan usaha, do'a dan kesabaran hasil seperti pada gambar diataslah yang saya dapatkan. Saya yakin, bila seseorang bisa. Anda pun pasti bisa!